BOOK DESIGN AND LAYOUTING NATURAL DISASTER SIMULATION USING AUGMENTED REALITY
Keywords:
Augmented Reality, Bencana Alam, Pembelajaran Interaktif, Desain dan Tata Letak Buku, Objek VirtualAbstract
Indonesia merupakan negara yang rawan mengalami bencana alam. Bencana alam dapat mengancam kelangsungan hidup, sehingga membuat manusia harus meminimalkan dampak yang disebabkan oleh bencana alam tersebut. Simulasi bencana adalah salah satu alternatif untuk mempersiapkan manusia dalam menghadapi bencana alam sehingga dampak dari bencana alam dapat diminimalkan. Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang dapat menyajikan interaksi menarik bagi pengguna. Karena dengan adanya teknologi ini pengguna dapat merasakan objek virtual seakan-akan berada di lingkungan nyata secara realtime. Teknologi AR dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran mengenai simulasi bencana alam. Dengan dibuatnya penelitian dengan judul “Pembuatan Buku Augmented Reality Untuk Simulasi Bencana Alam” dapat menciptakan sebuah lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif di mana anak dapat berinteraksi langsung dengan objek virtual yang membutuhkan sebuah tata letak dan desain buku yg baik, sehingga dapat menjadi edukasi untuk mengenalkan simulasi bencana alam.
References
Azuma, R. T. (1997). A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments. 6(4):355-385.
Cousins, C. (2013). Flat design principles.Retrieved from https://designmodo.com
Dria, S. (2011). Eksperimen Tipografi dalam Visual untuk Anak. Humaniora. Vol. 2, No. 1, pp. 311-317.
Putra, N. P. (2012). Perancangan Buku Ilustrasi Sejarah Musik Keroncong. Jurnal Teknik Pomits Vol. 1, No. 1,(2012) 1-6.
Setiawan, R. (2019). BNPB: 60 Sampai 70% Korban Bencana Adalah Perempuan dan Anak. Tirto.ID. Retrieved from https://tirto.id/bnpb-60-sampai-70-korban-bencana-adalah-perempuan-dan-anak-dgod