APLIKASI PRESENSI PEGAWAI BERBASIS WEB SEBAGAI APLIKASI PENDUKUNG UNTUK WORK FROM HOME DI POLITEKNIK NEGERI BANYUWANGI

Authors

  • Dianni Yusuf Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember KM.13, Banyuwangi, 68461
  • Sepyan Purnama K Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember KM.13, Banyuwangi, 68461
  • Lutfi Hakim Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember KM.13, Banyuwangi, 68461
  • Muhammad Hadziq Tamami Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember KM.13, Banyuwangi, 68461

Keywords:

Presensi Pegawai Berbasis Web, Work From Home, Extreme Programming.

Abstract

Wabah COVID-19 membuat banyak perusahaan maupun institusi memberikan kebijakan pembatasan pegawai yang boleh datang ke kantor atau Work From Office (WFO). Sedangkan sebagian pegawai diperbolehkan bekerja dari rumah atau work from home. Work From Home (WFH) adalah salah satu bentuk solusi bagi pegawai untuk tetap menyelesaikan pekerjaan dari rumah mereka. Bukti kehadiran menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan selama menjalani WFH. Selama ini sistem kehadiran pegawai Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) menggunakan mesin fingerprint dan data disimpan dalam database server. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem presensi berbasis web untuk memfasilitasi pegawai Poliwangi yang melakukan WFH. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter dan database MySQL untuk media penyimpanan data. Data pegawai diambil dari data presensi dari mesin fingerprint yang telah di konversi dalam bentuk JSON. Penelitian ini memudahkan Unit Kepegawaian untuk merekapitulasi jumlah kehadiran pegawai yang melakukan WFH maupun WFO. Data rekapitulasi kehadiran pegawai selanjutnya akan dipakai oleh pihak keuangan dalam menghitung tunjangan kehadiran dan informasinya akan dikirimkan melalui grup telegram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Extreme Programming (XP). Penelitian telah diuji pada pengguna menggunakan metode blackbox testing hasilnya menunjukkan bahwa hasil luaran penelitian telah sesuai dengan fungsionalitas sistem.

 

References

Imtihan, K. H. (2017). Sistem Informasi Penggajian Guru Honorer Menggunakan Konsep Agile Software Development dengan Metodologi Extreme Programming (XP) pada SMK Bangun Bangsa. Lombok.

Lisna, A. (2017). Extreme Programming - Software Engineering - Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: https://www.academia.edu/35689849/Extreme_Programming_-_Software_Engineering_-_Rekayasa_Perangkat_Lunak.pdf.

Qalbi, I. A. (2014). Konsep Dasar Basis Data. Samarinda: Teknik Informasi, Komunikasi dan Komputer Universitas Mulawarman .

Sukamto, R. d. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung.

Supardi, I. Y. (2018). Semua Bisa Menjadi Programer Codeigniter Basic. Jakarta: PT Media Komputindo.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Yusuf, D., K , S. P., Hakim, L., & Tamami, M. H. (2020). APLIKASI PRESENSI PEGAWAI BERBASIS WEB SEBAGAI APLIKASI PENDUKUNG UNTUK WORK FROM HOME DI POLITEKNIK NEGERI BANYUWANGI. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 982-989. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/568