SECURE DEPOSIT BOX MENGGUNAKAN RASPBERY-PI DENGAN NOTIFIKASI TELEGRAM

Authors

  • Vivien Arief Wardhany Teknik Informatika, Jl. Raya Jember km-13, Kabat, Banyuwangi, 68461
  • Subono Teknik Informatika, Jl. Raya Jember km-13, Kabat, Banyuwangi, 68461
  • Alfin HIdayat Teknik Informatika, Jl. Raya Jember km-13, Kabat, Banyuwangi, 68461
  • Hizghil Furqon A Teknik Informatika, Jl. Raya Jember km-13, Kabat, Banyuwangi, 68461

Keywords:

Brankas, Raspberry Pi-3, Monitoring, Sensor PIR, Telegram

Abstract

Brankas tempat yang dipergunakan untuk menyimpan barang-barang berharga. Tingkat kriminalitas yang cukup tinggi khususnya dalam pembobolan dan pencurian terhadap barag berharga yang disimpan dalam brankas, membuat para pemilik brankas khawatir karena tidak selalu bisa mengawasi brankasnya. Dari permasalahan tersebut alat ini dibuat untuk memudahkan pemilik brankas dalam memonitoring dan mengontrol kamera yang akan diletakkan pada brankas untuk mengambil video atau foto. menggunakan mikrokontroler raspberry-pi dan aplikasi telegram pada smartphone android dengan koneksi internet, agar alat dapat dipantau dan dikendalikan dimana saja. Beberapa perangkat yang digunakan dalam sistem ini yaitu  Raspberry Pi-3, sensor PIR, Magnetic Switch, Pi Camera serta menggunakan Notifikasi yang dikirmkan melalui aplikasi Telegram pada Smartphone Android. Sistem keamanan brankas yang telah dibuat dapat memberi peringatan dengan membunyikan buzzer sebagai tanda peringatan bahwa telah terjadi pembobolan serta mengirimkan foto dan Video secara realtime jika terjadi pembukaan secara paksa pada brankas, sehingga pemilik dapat mengetahui kondisi brankas meskipun sedang tidak berada dirumah selama terkoneksi dengan jaringan internet.

 

References

Yuliza, Detektor Keamanan Rumah Melalui Telegram Mesengger. (2018). Jurnal Teknologi elektro, Univ. Mercu Buana, Vol. 9.

Irfan M. Kurniawan, Sunarya Unang, Rohmatulloh. (2018). Internet of Things: Sistem Keamanan Rumah berbasis Raspberry Pi dan Telegram Messenger. ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika. 6(1), (pp 1-15).

Muhammad Rofiq & Bambang Tri Wahjo Utomo. (2016). Implementasi Algoritma Elgamal dalam Sistem Lock Brankas berbasis Mikrokontroller AtMEGA16 dan Smartphone Android. Jurnal Ilmiah Informatika 1(1).

I Nyoman Sukarma, I Gede Suputra Widarma, Ade Surya Wiguna. (2016). Rancang Bangun Sistem Kemanan Brnakas Menggunakan Kombinasi Password dan Sidik Jari Berbasis Mikrokontroller ATMEGA328. Jurnal Matrix, 6 (06).

Benny, Muhammad Abiyyu Rama, Nurul Rahma Dinda. (2016). Kunci Pengaman Brankas Menggunakan PIN dan RFID. Jurnal Politeknologi, 15(12).

Ivan C. Melalolin. (2013) Security Design of Safety Deposit Box Based on Microcontroller AT89S52. TELEKONTRAN, 1(1).

Dini Silvi Purnia, Achmad Rifai, Syaifur Rahmatullah. (2019). Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android. Seminar Nasional Sains dan Teknologi.

Jacquline Waworundeng, Lazarus Doni Irawan, Calvin Alan Pangalila. (2017) Implementasi Sensor PIR sebagai Pendeteksi Gerakan untuk Sistem Keamanan Rumah menggunakan Platform IoT. Cogito Smart Journal, 3(2).

Siti Ahadiah, Muharnis, Agustiawan. (2017). Implementasi Sensor PIR pada peralatan Elektronik Berbasis Microcontroller. Jurnal Inovtek Polbeng, 7(1).

Muhammad Khoiru Syabibi & Arkhan Subari. (2016). Rancang Bangun Sistem Monitoring Kemanan Rumah Berbasis Web. Menggunakan Raspberry Pi B+ sebagai Server dan Media Kontrol. Jurnal Gema Tekologi, 19(1).

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Wardhany, V. A., Subono, HIdayat, A., & A, H. F. (2020). SECURE DEPOSIT BOX MENGGUNAKAN RASPBERY-PI DENGAN NOTIFIKASI TELEGRAM. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 1095-1102. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/579