ANALISIS SUHU OPTIMUM ROASTING KOPI LOKAL BANYUWANGI DENGAN MONITORING SUHU BERBASIS ARDUINO

Authors

  • Herman Yuliandoko Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banyuwangi, Km.13 Labanasem, Banyuwangi
  • I Wayan Suardinata Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banyuwangi, Km.13 Labanasem, Banyuwangi
  • Rizki Aditama Julianto Teknik Mesin, Politeknik Negeri Banyuwangi, Km.13 Labanasem, Banyuwangi
  • Reki Cahya Abiandsa Teknik Mesin, Politeknik Negeri Banyuwangi, Km.13 Labanasem, Banyuwangi

Keywords:

Kopi, Roasting, Suhu, Monitoring, Banyuwangi

Abstract

Negara Indonesia termasuk salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Dan salah satu sentra penghasil kopi berkualitas adalah Kabupaten Banyuwangi. Di Banyuwangi pertumbuhan produksi kopi berkembang dengan pesat, baik hasil dari perkebunan swasta ataupun perkebunan rakyat. Disamping itu pertumbuhan ini juga mendorong sektor olahan biji kopi menjadi produk yang berkualitas. Akan tetapi di Banyuwangi proses produksi olahan mayoritas masih dilakukan dengan manual. Dan salah satu proses yang memegang peran penting dalam kualitas olahan kopi yakni proses sangrai atau roasting kopi. Proses sangrai yang masih manual mengakibatkan mutu produk kurang konsisten dan tidak terjamin cita rasanya. Sedangkan mesin roasting kopi yang baik serta presisi sangatlah mahal bagi pengusaha UMKM Banyuwangi. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi untuk membuat produk mesin roasting yang baik dan murah untuk mengolah produk lokal andalan Banyuwangi. Di dalam penelitian ini dibuat mesin roasting kopi dengan monitoring suhu berbasis arduino. Kemudian dilakukan pengujian tiga jenis kopi yakni Robusta Telemung, Arabika dan Robusta Excelsa. Didapatkan bahwa Kopi Robusta Telemung memiliki tingkat suhu penggorengan yang lebih tinggi dibandingkan 2 jenis lainnya.

 

References

Banyuwangi, P. K. (2019, Desember 30). www.banyuwangikab.go.id. (Pemerintah Daerah) Retrieved April 16, 2020, from https://www.banyuwangikab.go.id/profil/pertanian.html

Edvan, B. T., Edison, R., & Same, M. (2016). Pengaruh Jenis dan Lama Penyangraian pada Mutu Kopi Robusta (Coffea robusta). Jurnal Agro Industri Perkebunan (AIP), 4(1), 31-40.

Najiyati, & Danarti. (2001). Kopi Budidaya Dan Penanganan Lepas Panen. Jakarta: Penebar Swadaya.

Permana, A., & Setiono, I. (2017). SISTEM PENGENDALIAN SUHU DAN PEMANTAUAN KELEMBABAN BIJI KOPI PADA MESIN PENYANGRAI BERBASIS ARDUINO 2560. GEMA TEKNOLOGI, 19(2), 18-22.

Purnamayanti, N. P., Gunadnya, I. B., & Arda, G. (2017). Pengaruh Suhu dan Lama Penyangraian terhadap Karakteristik Fisik dan Mutu Sensori Kopi Arabika (Coffea arabica L). JURNAL BETA (BIOSISTEM DAN TEKNIK PERTANIAN), 5(2), 39-49.

Raharjo, P. (2012). Kopi : panduan budidaya dan pengolahan kopi Arabika dan Robusta. Jakarta: Penebar Swadaya.

Siswoputranto. (1993). Kopi internasional dan Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.

Sulistyaningtyas, A. R. (2017). PENTINGNYA PENGOLAHAN BASAH (WET PROCESSING) BUAH KOPI ROBUSTA (Coffea robusta Lindl.ex.de.Will) UNTUK MENURUNKAN RESIKO KECACATAN BIJI HIJAU SAAT COFFEE GRADING. Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat “Implementasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Untuk Peningkatan Kekayaan Intelektual”. Semarang.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Yuliandoko, H., Suardinata, I. W., Julianto, R. A., & Abiandsa, R. C. (2020). ANALISIS SUHU OPTIMUM ROASTING KOPI LOKAL BANYUWANGI DENGAN MONITORING SUHU BERBASIS ARDUINO. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 1086-1094. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/580