APLIKASI ANDROID PANDUTANIWANGI (PANDUAN COCOK TANAM PANGAN PETANI BANYUWANGI) UNTUK TANAMAN PANGAN

Authors

  • Vivien Arief Wardhany Teknik Informatika, Jl. Raya Jember km-13, Kabat, Banyuwangi, 68461
  • Herman Yulindoko Teknik Informatika, Jl. Raya Jember km-13, Kabat, Banyuwangi, 68461
  • Subono Teknik Informatika, Jl. Raya Jember km-13, Kabat, Banyuwangi, 68461
  • Alfin Hidayat Teknik Informatika, Jl. Raya Jember km-13, Kabat, Banyuwangi, 68461

Keywords:

Pertanian, Android, Tanaman Pangan, Pengingat, Sistem Pakar

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi petani dewasa ini adalah kurangnya akses terhadap informasi dan teknologi untuk melakukan monitoring pada tanaman diladang secara online. Sehingga para petani harus secara manual melakukan pengecekan dan penjadwalan terkait dengan tanaman yang ditanam. Aplikasi Panduan Cocok Tanam Pangan menjadi wadah untuk petani dalam mendapatkan informasi teknik bercocok tanam tanaman pangan beserta penanggulangan hama yang menyerang tanaman dengan lebih mudah. Selain informasi petani juga memiliki forum diskusi yang berguna ketika petani mendapatkan permasalahan maka bisa bertanya pada forum diskusi. Dengan fitur pengingat jadwal kegiatan pertanian seperti, waktu untuk pengolahan lahan, pengairan, pemupukan hingga panen, maka petani mendapatkan layaknya asisten kerja yang dapat mengingatkan jadwal prosedur cocok tanam. Dan juga sistem pakar penyakit untuk mendeteksi penyakit dari tanaman pangan, sehingga petani akan lebih mudah dalam melakukan pekerjaan. Aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman android Java, sedangkan website PHP dengan framework CodeIgniter dan basis data MySQL, SQLite. Aplikasi berjalan dengan baik pada versi android lollipop (22) kebawah. Pada pengujian sistem dengan mengisi kuesioner oleh responden menunjukan bahwa tingkat kualitas sistem dalam persentase 83.9 % dengan kriteria baik. Dengan adanya aplikasi dapat digunakan sebagai media edukasi, dan berbagi pengetahuan tanaman pangan juga berperan dalam melakukan penyuluhan untuk mensukseskan kegiatan upaya peningkatan produksi pertanian oleh pemerintah.

 

References

Alia Bihrajihant Raya1, Mesalia Kriska, Sri Peni Wastutiningsih, Melisa Umi Cahyaningtyas, Adrian Djitmau, Galuh Friska Cahyani. Strategy for Utilizing DesaApps Applications in Agriculture Information Literation. Jurnal Komunikasi Pembangunan Juli 2018, Volume 16, No. 2.

Boyd, DW, Sun, MK. (1994). Prototyping an expert system for diagnosis of potato diseases. Computers and Electronics in Agriculture, 10(3), (Pp. 259-267).

Dadi Rosadi & Asril Hamid. (2014). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Menggunakan metode Forward Chaining. Jurnal Computeh & Bisnos, 8(1), (pp 43-48).

Lamhot P. Manalu. (2013). Aplikasi Kontrol Digital Untuk Pemupukan Secara Variable Rate Pada Sistem Pertanian Presisi. Jurnal Sistem Teknik Industri (JSTI), 15(3).

Wirandha Ryan Pratama, Jusak, Pantjawati Sudarmaningtyas (2013). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Menentukan Penyakit Pada Tanaman Kedelai. Jurnal Sistem Informasi(JSIKA), 2(2).

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Wardhany, V. A., Yulindoko, H., Subono, & Hidayat, A. (2020). APLIKASI ANDROID PANDUTANIWANGI (PANDUAN COCOK TANAM PANGAN PETANI BANYUWANGI) UNTUK TANAMAN PANGAN. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 1065-1072. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/583