MONITORING HASIL PANEN DAN POSISI KANDANG LEBAH MADU MENGGUNAKAN GPS GEO LOCATION BERBASIS ARDUINO DAN NOTIFIKASI TELEGRAM MESSENGER

Authors

  • Vivien Arief Wardhany Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember km.13, Banyuwangi, 68461
  • Alfin Hidayat Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember km.13, Banyuwangi, 68461
  • Subono Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember km.13, Banyuwangi, 68461
  • Farizqi Panduardi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember km.13, Banyuwangi, 68461
  • Riki Habibi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember km.13, Banyuwangi, 68461
  • Ajie Setyo Nugroho Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banyuwangi, Jl. Raya Jember km.13, Banyuwangi, 68461

Keywords:

Lebah Madu, Peternak Lebah Madu, Telegram Messenger

Abstract

Lebah merupakan sejenis serangga penghasil madu. Madu yang dihasilkan oleh lebah menyerupai sirup tetapi lebih kental dan berasa manis, khasiat madu sangat berguna untuk ibu hamil, menyembuhkan penyakit anemia, penyakit mulut, penyakit vertigo dan penyakit bagian dalam lainnya. Semakin meningkatnya permintaan madu lebah oleh masyarakat mendorong  banyak orang untuk membudidayakan lebah madu karena memiliki nilai jual yang tinggi. Dalam beternak lebah madu, penempatan kandang lebah perlu diperhatikan karena dapat berpengaruh terhadap madu yang dihasilkan oleh lebah. Biasanya peternak menempatkan kandang disamping rumah dan tidak boleh jauh dari sumber air . Jumlah kandang yang berada pada satu wilayah yang sama tidak boleh terlalu banyak karena dapat membuat kuantitas madu yang dihasilkan lebih sedikit. Hal ini membuat peternak lebah madu meletakkan kandang lebah madu dalam wilayah berbeda agar tidak menghasilkan madu yang sedikit. Namun hal tersebut membuat peternak lebah madu kesulitan dalam memonitoring kondisi kandang lebah yang berada di wilayah yang berbeda. Solusi dari permasalahan tersebut menggunakan alat monitoring hasil panen dan posisi kandang lebah madu menggunakan GPS geo location berbasis arduino dan notifikasi telegram messenger. Sistem ini dalam pembangunannya menggunakan model Rapid Application Development sebagai bagian Prototyping alat. Alat ini akan membantu peternak untuk mengetahui kondisi dan lokasi kandang lebah madu melalui notifikasi telegram messenger.

References

Adji, N. N. (2020). Rancang Bangun Sistem Anti Maling Pada Ternak Ayam Berbasis Raspberry Pi Dengan Notifikasi Telegram Messenger. Tugas Akhir.

Borman, R. I., Syahputra, K., Jupriyadi, & Prasetyawan, P. (2018). Implementasi Internet Of Things pada Aplikasi Monitoring Kereta Api dengan Geolocation Information System.

Gajah, C. N. (2018). Memanfaatkan Sensor DHT22 Sebagai Pendeteksi Kelembaban Tanah Berbasis Arduino. Tugas Akhir, 20.

Huda, M. (2018). Rancang Bangun Aplikasi ANDROID Sebagai Penerjemah Bahasa Isyarat Menggunakan Sensor Flex, Accelerometer, dan Gryoscope. Tugas Akhir.

Lutpiatina, L. (2015). Efektivitas Ektrak Propolis Lebah Kelulut (Trigona spp) Dalam Menghambat Pertumbuhan Salmonella typhi, Staphylococcus aureus DAN Candida albicans. Jurnal Skala Kesehatan.

Pribadi, A. (2020). Produktivitas Panen Propolis Mentah Lebah Trigona itama Cockerell (Hymenoptera: pidae) Menggunakan Propolis Trap dan Manipulasi Lingkungan di Riau. A Scientific Journal.

Sa'diyah, S. K. (2015). Perancangan Pusat Budidaya dan konservasi Lebah Madu di Kota Batu.

Said, D. O. (2017). Sistem Produksi dan Curahan Waktu Pembudidayaan Lebah Madu ( Apis Cerana ) Di Kabupaten Lombok Utara. unmas mataram.

Wibowo, A., & Supriyono, L. A. (2019). Analisis Pemakaian Sensor Loadcell Dalam Perhitungan Berat Benda Padat Dan Cair. Jurnal Elektronika dan Komputer.

Wisjhnuadji, T. W., & Tri Widodo, M. F. (2018). Home Security System Dilengkapi Notifikasi Sms dan Gerbang Otomatis Berbasis Arduino. budiluhur.

Downloads

Published

2020-11-05

How to Cite

Wardhany, V. A., Hidayat , A., Subono, Panduardi, F., Habibi, R., & Nugroho, A. S. (2020). MONITORING HASIL PANEN DAN POSISI KANDANG LEBAH MADU MENGGUNAKAN GPS GEO LOCATION BERBASIS ARDUINO DAN NOTIFIKASI TELEGRAM MESSENGER. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 1048-1056. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/585