PEMANFAATAN APLIKASI DIGITAL LEARNING ”NETBOARD.ME” DALAM PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Hetty Meileni Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Indra Satriadi Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Sony Oktapriandi Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Desi Apriyanty Politeknik Negeri Sriwijaya

Keywords:

interactive, digital, learning, application, netboard,me

Abstract

Penggunaan IT sekarang ini menuntut kita untuk berinovasi dan kreatif dalam segala hal. Dalam menyampaikan materi ajar seorang guru harus memiliki inovasi dan kreativitas tinggi dalam memberikan pelajaran untuk meningkatkan motivasi dan semangat siswa dalam belajar. Media pembelajaran yang pada umumnya digunakan oleh guru terlalu menoton dan terkadang bersifat satu arah misalnya menyampaikan materi ajar menggunakan aplikasi whats app atau classroom. Dengan metode seperti ini banyak siswa yang kurang paham akan materi yang diajarkan dan tidak menjadi semangat dalam belajar. Untuk itulah guru harus diperkenalkan dengan sebuah aplikasi yang memudahkan dalam memberikan pelajaran kepada siswa, menarik dan tidak membosankan. Interactive digital learning merupakan salah satu cara dalam menyampaikan materi ajar kepada siswa. Aplikasi netboard.me merupakan salah satu tools yang dapat digunakan dalam menerapkan interactive digital learning kepada siswa. Adanya interaksi yang terjadi antara guru dan siswa dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa.

References

Darmaningrat, tyas, wahyu, eko., Ali, Noor, Holil, Ahmad., Wibowo Prasetianto Radityo., & Astuti Maria Hanim (2018). Pemanfaatan aplikasi digital learning untuk pembelajaran pengayaan disekolah menengah kota Surabaya. Seminar nasional sistem informasi Indonesia, 5 november 2021.

Ermayulis, syafni (2020). Penerapan sistem pembelajaran daring dan luring di tengah pandemic covid-19. Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Dan Luring Di Tengah Pandemi Covid-19 – Stit Al-Kifayah Riau (Stit-Alkifayahriau.Ac.Id).

Fitra, Julsyam., & Maksum, Hasan (2021) . Efektivitas media pembelajaran interaktif dengan aplikasi powtoon pada mata pelajaran bimbingan TIK. JP2, Vol 4 No.1, Tahun 2021, pp. 1-3.

Patria, L., dan Yulianto, K. (2011). Pemanfaatan Facebook Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri. Prosiding Seminar Nasional FMIPA-UT 2011. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2305.

Padma, A., dan Sukanesh, R. (2011). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. Automatic Classification and Segementation of Brain Tumor in CT Images Using Optimal Dominant Gray Lvel Run Length Texture Features, 2(10), 53²59.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Meileni, H. ., Satriadi, I. ., Oktapriandi, S. ., & Desi Apriyanty. (2021). PEMANFAATAN APLIKASI DIGITAL LEARNING ”NETBOARD.ME” DALAM PEMBELAJARAN DARING. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(1), 1-8. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/946