SIMULATOR ROBOT LENGAN DUA DERAJAT KEBEBASAN

Authors

  • Daniel S Pamungkas Politeknik Negeri Batam
  • Muhammad Samsu Noviansyah Politeknik Negeri Batam

Keywords:

Simulator, robot lengan, dua derajat kebebasan

Abstract

Salah satu robot industri yang banyak digunakan  adalah suatu robot lengan. Namun untuk mengendalikan robot lengan membutuhkan tingkat kepresisian yang tinggi. Sehingga membutuhkan sebuah simulator untuk mengenali gerakan robot, sebelum diaplikasikan secara langsung pada robot yang sebenarnya. Simulator ini dibuat mengunakan program visual studio dengan memanfaatkan persamaan inverse dan forward kinematik. Simulator ini mampu untuk mensimulasi gerak robot yang terdiri dari dua lengan yang panjangnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan penguna. Selain itu juga mampu mengetahui sudut dari setiap sambungan dari robot.

References

Faris, Triwiyatno, dan Setiawan. (2012). Arm Manipulator 4 DOF dengan Cartesian Space-Trajectory Planning. Transient 1 (4), Semarang.

Pitowarno (2006). Robotika Desain, Kontrol dan Kecerdasan Buatan. Andi Offset. Yogyakarta

Suyudi, Hadary, dan Derdian (2019). Simulasi Penyelesaian Invers Kinematik Robot Dua Lengan dengan Metode Pseudo-Invers. Jurnal Teknik Elektro 2 (1). Universitas Tanjung Pura. Pontianak.

Syam. (2015). Kinematika dan Dinamika Robot Lengan.Makassar.

Toar (2013). Sistem Kendali Kinematik Pergerakan Robot Manipulator 3 DoF. Politeknik Negri Batam, Batam.

Uchrowi, Lasmadi, dan Sutjianto (2019). Pemodelan dan Simulasi Robot Lengan 3 DOF Menggunakan V-REP. Avitec 1 (1).Sekolah Tinggi Teknologi Adisucipto. Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Daniel S Pamungkas, & Muhammad Samsu Noviansyah. (2021). SIMULATOR ROBOT LENGAN DUA DERAJAT KEBEBASAN. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(1), 51-57. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/952