STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH TEKANAN UDARA TERHADAP PERPINDAHAN PANAS PADA KONDENSOR DESTILASI

Authors

  • Achmad Wibolo Politeknik Negeri Bali
  • I Made Anom Adiaksa Politeknik Negeri Bali
  • I Nyoman Gunung Politeknik Negeri Bali

Keywords:

tekanan, vakum, suhu

Abstract

Ilmu termodinamika menyatakan bahwa tekanan dan temperatur berbanding lurus, artinya apabila tekanan menurun maka suhu akan ikut menurun. Tekanan selalu berhubungan dengan kerapatan massa. Kerapatan massa atau kepadatan massa adalah jumlah massa per unit volume, sehingga apabila kerapatan menurun maka tekanan akan menurun. Vakum adalah kondisi ruangan yang sebagian dari udara dan gas lainnya telah dikeluarkan sehingga tekanan di dalam ruangan tersebut di bawah tekanan atmosfer. Kondensor destilasi sebelumnya berlaku Hukum Bernaouli dimana jumlah udara yang masuk sama dengan jumlah udara yang keluar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan melakukan perlakuan terhadap tekanan dalam tabung. Penurunan tekanan dengan mengurangi secara bertahap jumlah udara yang masuk ke tabung.

Penurunan tekanan pada sisi atas sebesar 50,94 % dari lubang yang tertutup setengah dibandingkan dengan lubang yang tertutup penuh, penurunan tekanan pada sisi bawah sebesar 60,44 % dari lubang yang tertutup setengah dibandingkan dengan lubang yang tertutup penuh. Perpindahan panas pada sisi atas tabung terjadi peningkatan sebesar 36,97 % dari perlakuan penutupan setengah jumlah lubang udara, peningkatan sebesar 73,94 % dari perlakuan lubang udara dibiarkan terbuka dibandingkan dengan lubang udara yang semuanya tertutup. Perpindahan panas pada sisi bawah tabung terjadi peningkatan sebesar 20,99 % dari perlakuan penutupan setengah jumlah lubang udara, peningkatan sebesar 43,43 % dari perlakuan lubang udara dibiarkan terbuka dibandingkan dengan lubang udara yang semuanya tertutup. Kesimpulannya tekanan dapat berpengaruh terhadap perubahan suhu dan perpindahan panas pada kodensor destilasi.

References

Adi Syakdani, 2019, Prototipe Alat Evaporator Vakum (Efektivitas Temperatur Dan Waktu Evaporasi Terhadap Tekanan Vakum Dan Laju Evaporasi Pada Pembuatan Sirup Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia L.)), Jurnal Kinetika Vol. 10, No. 02 (Juli 2019): 29-35, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Anom Adiaksa, 2020, Experimental Analysis Of Fluids Discharge In Cooling Tower Condenser Distillation Model, Juournal Of Physic Volume 1450, IOP Publishing

Bregman, T.L., Dewitt, D.P., Incropera, F.P., dan, Lavine, A.S., 2011, Fundamental of Heat and Mass Transfer. Edisi 7

Dutta B.K., 2006, Heat Transfer-Principles and Applications (PHI Pvt. Ltd.) 1st ed. New Delhi

Hirt Dr.Ing.M., 1986, Machine Element Second Edition, Erlangga, Jakarta).

Holman, J.P., 1988, Heat Transfer, Erlangga, Jakarta.

Martina W Tyas, 2019, Analisis Nomografi Suhu, Laju Penguapan Dan Tekanan Udara Pada Alat Desalinasi Tenaga Surya Dengan Pengaturan Vakum, Jurnal Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Universitas Brawijaya, Malang.

Maulana Fatkhurrahman, 2014, Analisis Kinerja Kondensor Terhadap Perubahan Tekanan Vakum Di Pt Pln (Persero) Sektor Pembangkitan Pltgu Cilegon, EKSERGI Jurnal Teknik Energi Vol 10 No. 1 Januari 2014; 29 - 34

M.V.H.Satish Kumar, 2016, Performance Analysis of Cooling Tower, International Journal of Engineering Trends and Technology (IJETT), Volume 38 Number 9

Siallagan H.P., 2017, Analysis of the work of the 8330 C T01 cooling tower at PT Krakatau Steel (Persero) TBK, Journal of Machine Technique Volume 6.

Sulaeman 2014 Effectiveness Analysis of Heat Exchanger (Journal of Machine Technique-Padang Technology Institute) Volume 4 Number 1.

Suprapto, Susilo Widodo, 2017, Pengenalan Teknologi Vakum, Pustaka Pelajar, Yogjakarta

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Achmad Wibolo, I Made Anom Adiaksa, & I Nyoman Gunung. (2021). STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH TEKANAN UDARA TERHADAP PERPINDAHAN PANAS PADA KONDENSOR DESTILASI. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(1), 232-238. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/973