SISTEM KONTROL OTOMATIS KEPEKATAN AIR NUTRISI HIDROPONIK BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Authors

  • I W Sutrisna Putra Politeknik Negeri Bali
  • Kadek Amerta Yasa Politeknik Negeri Bali
  • Anak Agung Ngurah Gde Sapteka Politeknik Negeri Bali

Keywords:

Sistem Kontrol Otomatis, Kepekatan Nutrisi, Internet of Things

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Sistem Kontrol Otomatis Kepekatan Air Nutrisi Hidroponik Berbasis Internet of Things (IoT). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana merancang sebuah sistem yang dapat mengontrol nilai kepekatan nutrisi, mengetahui cara pembuatan sistem kontrol otomatis untuk menjaga nilai kepekatan nutrisi dan mengetahui perbandingan nilai kepekatan yang dibaca oleh TDS sensor pada sistem dan manual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah teknik perbandingan nulai selisih dan error yang dibaca oleh sensor pada sistem dan manual. Pembuatan dimulai dengan mempersiapkan alat dan bahan, kemudian melakukan pemrograman pada mitrokontroler, lalu menghubungkan mitrokontroler dan sensor ke database yang akan ditampikan ke LCD dan dashboard Web. Secara keseluruhan sistem kontrol otomatis dapat melakukan proses pengendalian dan menjaga kepekatan air nutrisi hidroponik sesuai dengan yang diinginkan pengguna. Berdasarkan hasil analisis perbandingan nilai kepekatan antara TDS sensor system dengan manual, selisih rata-rata yaitu sebesar 11,90 ppm dan error rata-rata sebesar 0,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pembacaan oleh TDS sensor sudah baik dikarenakan nilai eror yang dihasilkan tidak melebihi nilai eror toleransi 5%.

References

Agus, Y. (2017). Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Produktivitas Pada Usahatani Padi Lahan Rawa di Kabupaten Ciamis. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis IV, 53(9), 1689–1699.

Asa, M. (2016). Total Dissolved Solid (TDS) Meter Of Solution Using Atmega16 Microcontroller. Jurnal Fisika Unand, 59(9-10), 1–8.

Dzikriansyah, F. F., Hudaya, R., & Nurhaeti, C. W. (2017). Sistem Kendali Berbasis PID untuk Nutrisi Tanaman Hidroponik. Industrial Research Workshop and National Seminar, 621–626.

Giri, M. G. (2016). Perancangan Sistem Irigasi dan Kontrol Nutrisi Otomatis untuk Budidaya Tanaman dengan Teknik Hidroponik. Institut Teknologi Sepuluh November.

Indrajaya, G. H., Ramdhani, M., & Murti, M. A. (2019). Rancang Bangun Total Dissolve Solids (tds) Meter Pada Tanaman Aeroponik Berbasis Internet Of Things (iot). eProceedings of Engineering, 6(3), 10105–10111.

Purwanto, A. D., Supegina, F., & Kadarina, T. M. (2020). Sistem Kontrol Dan Monitor Suplai Nutrisi Hidroponik Sistem Deep Flow Technique (DFT) Berbasis Arduino NodeMCU Dan Aplikasi Android. Jurnal Teknologi Elektro, 10(3), 152.

Putra, W. P., Ismantohadi, E., Qomarrudin, M., Informatika, T., Negeri, P., & Pendahuluan, I. (2019). Sistem Monitoring Tanaman Hortikultura Pertanian. Jurnal Teknologi Dan Informasi (JATI) UNIKOM, 9(1), 45–54.

Rahmawati, D., & Anwar, R. B. (2020). Peningkatan Kualitas Bibit Sayur Pada Petani Bibit Sayur Di Desa Siraman. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2020, 2, 447–451.

Subandi, M., Birnadi, S., Ginandjar, S., & Frasetya, B. (2020). Identifikasi Arah Pengembangan Riset dan Tinjauan Sistem Teknik Budidaya Hidroponik di Indonesia. Jurnal Agroteknologi UIN.

Suratha, K. (2018). KRISIS PETANI BERDAMPAK PADA KETAHANAN PANGAN DI INDONESIA. International Migration Review, 47(2), 330–373.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

I W Sutrisna Putra, Kadek Amerta Yasa, & Anak Agung Ngurah Gde Sapteka. (2021). SISTEM KONTROL OTOMATIS KEPEKATAN AIR NUTRISI HIDROPONIK BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(1), 286-293. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/979