STUDI NUMERIK PENGARUH FOULING TERHADAP PEFORMA SUPERHEATER DENGAN METODE CFD

Authors

  • Shohifa Laili Fitriana Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Nu Rhahida Arini Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Wahyu Nur Fadilah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Keywords:

superheater, fouling, efektifitas perpindahan panas, CFD, OpenFOAM

Abstract

Superheater adalah komponen steam generator yang bertanggung jawab untuk mengubah fasa uap jenuh menjadi fasa uap panas lanjut pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Penurunan efektivitas superheater menyebabkan efisiensi pembangkit listrik menjadi rendah. Hal ini disebabkan oleh penurunan perpindahan panas superheater yang sering disebabkan oleh deposit (fouling). Pada superheater, fouling merupakan pembentukan lapisan deposit yang sebagian besar berasal dari menempelnya partikel abu batu bara pada permukaan luar superheater akibat dari proses pembakaran batu bara. Apabila superheater terus beroperasi, pembentukan lapisan deposit akan terus berkembang melebihi batas wajar dan berefek pada efektivitas perpindahan panasnya. Pada penelitian ini dilakukan simulasi numerik menggunakan 2 Dimensional Computational Fluid Dynamic (2D CFD) dengan bantuan perangkat lunak OpenFOAM menggunakan variasi ketebalan fouling, dan konduktifitas termal fouling. Didapatkan nilai efektifitas perpindahan panas terbesar 84,343% dan terendah 46,155%.

References

Jurnal, R. T. (2018). Pengaruh Fouling terhadap Laju Perpindahan Panas pada Superheater Boiler Cfb Pltu Sebalang. JURNAL POWERPLANT, 6(1), 48-57.

Risnandar, F. (2019). ANALISIS NUMERIK PENGARUH KETEBALAN SLAG TERHADAP PERPINDAHAN PANAS PADA PIPA SUPERHEATER DI DALAM STEAM GENERATOR (Doctoral dissertation, Universitas Pasundan).

Greenshields, C.J. (2020). OpenFOAM user guide Version 8. The OpenFOAM Foundation.

Prayudi, P., & Agla, I. (2013). Kemungkinan Terjadinya Slagging Dan Kerugian Efisiensi Akibat Penggunaan Low Rank Coal Pada Boiler PLTU Suralaya Unit 8. JURNAL POWERPLANT, 1(1), pp.45-54.

Prabowo, K.H. (2015). Studi Numerik Karakteristik Aliran Dan Perpindahan Panas Pada Tube Platen Superheater Pltu Pacitan (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Adrian, J. (2016). Analisa Kerusakan Superheater Tube Boiler Tipe ASTM A213 Grade T11 pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Shohifa Laili Fitriana, Nu Rhahida Arini, & Wahyu Nur Fadilah. (2021). STUDI NUMERIK PENGARUH FOULING TERHADAP PEFORMA SUPERHEATER DENGAN METODE CFD. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(1), 303-310. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/981