KAJIAN PELAKSANAAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PEKERJAAN JARINGAN DISTRIBUSI LISTRIK

Authors

  • I Gede Wahyu Antara Kurniawan Politeknik Negeri Bali

Keywords:

Kajian, K3, Jaringan Listrik

Abstract

Penelitian ini melakukan kajian terhadap pelaksanaan Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada pekerjaan jaringan listrik. Kajian dilakukan dengan metode deskriptif eksplanatif, dimana data di dapatkan dari hasil survey, wawancara, pengisian kuesioner dan pengukuran. Sampel ditentukan secara purposive sebanyak 18 pekerja. Analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik dan pembahasan secara prevalensi. Hasil penelitian memperlihatkan selain bahaya listrik masih banyak sumber bahaya (hazards) yang dapat menimbulkan kecelakaan dan penyakit akibat kerja pada pekerjaan jaringan listrik. Identifikasi sumber bahaya dapat dikelompokan menjadi beberapa faktor penyebab yaitu lingkungan kerja, penggunaan alat dan material kerja, SOP, kesesuaian antara pekerja dan pekerjaannya serta pengawasan pelaksanaan pekerjaan. Dari faktor lingkungan terdapat hasil pengukuran suhu WBGT dan intensitas cahaya yang tinggi yaitu sebesar 29,28oC dan 2100 lux. Pekerjaan ini hampir 90% dilakukan di atas tiang listrik dengan sikap paksa dan tanpa perancah, 89% pekerjaan adalah mengangkat dan mengangkut benda dengan cara manual. Secara garis besar terdapat 44% permasalahan pada SOP, 39% memerlukan penyesuaian antara pekerja dengan pekerjaan, 50% kelemahan pada pembinaan dan pengawasan pelaksanaan K3. Sehingga dapat disimpulkan bahwa selain bahaya listrik masih banyak sumber bahaya pada pekerjaan jaringan distribusi listrik yang dapat menyebabkan kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

References

Badan Standarisasi Nasional. 2004. Nilai Ambang Batas Iklim Kerja (Panas), Kebisingan, Getaran tangan-lengan dan Radiasi Sinar Ultra Ungu di Tempat Kerja. Jakarta.

Barizqi, I. N. (2015). Hubungan Antara Kepatuhan Penggunaan Apd Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Bangunan PT. Adhi Karya Tbk Proyek Rumah Sakit Telogorejo Semarang. Uni-versitas Negeri Semarang.

Grantham, D. 1992. Occupational Health & Hygiene. Guidebook for the WHSO. Australia: Merino Li-thographics Moorooka Queensland: 52-94.

Manuaba, A. 2003. Total Ergonomics Approach to Enhance and Harmonize the Development of Agriculture, Tourism and Small-scale Industry, with Special Reference to Bali. National Congress and Seminar of the Indonesian Ergonomics Association (PEI), Yogyakarta, 13 September 2003.

Putri, F. A., Suroto, S., & Wahyuni, I., 2017. Hubungan Antara Pengetahuan, Prak-tik Penerapan Sop, Praktik Penggunaan Apd Dan Komitmen Pekerja Dengan Risiko Kecelakaan Kerja Di Pt X Tangerang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal), 5(3), 269-277.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

I Gede Wahyu Antara Kurniawan. (2021). KAJIAN PELAKSANAAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PEKERJAAN JARINGAN DISTRIBUSI LISTRIK . Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(1), 311-318. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/982