ANALISIS PENGARUH LAJU ALIRAN UDARA TERHADAP PEMBAKARAN PADA OPERASI STARTUP BURNER

Authors

  • Avicenna Muhammad Izzanour Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Prima Dewi Permatasari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Rif’ah Amalia Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Keywords:

Burner, Oil, Air fuel ratio, CFD, PLTU

Abstract

Bahan bakar yang digunakan pada PLTU sebagian besar menggunakan batu bara Namun, untuk operasi start up boiler, bahan bakar yang digunakan adalah jenis BBM high speed diesel ( HSD ). Proses start up boiler pada oil burner bertujuan untuk meningkatkan temperatur pembakaran pada furnace hingga mencapai ignition point. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses pembakaran pada burner adalah supply udara yang dialirkan . Sehingga pada penelitian ini, peneliti akan melakukan studi numerik pengaruh laju massa alir udara terhadap pembakaran pada oil burner. Penelitian ini akan dilakukan dengan secara numerik dengan metode CFD. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu, massa alir udara mempengaruhi temperature pembakaran yang dihasilkan, variasi AFR 7 dengan nilai massa alir udara terendah memperoleh temperatur maksimum tertinggi yaitu 1967,28. Hal ini selaras dengan fraksi massa CO2 yang merupakan salah satu indicator pembakaran, varisi AFR 7 memiliki kadar fraksi massa CO2 yang lebih tinggi nilainya dibanding variasi lain. Dan fraksi massa CO, semakin besar nilai massa alir udara, kadar CO yang dihasilkan lebih rendah, karena kadar oksigen yang dibutuhkan tercukupi sehingga karbon bereaksi dengan oksigen menjadi CO2.

References

Chunlong Liu et al 2010. “Influence of coal-feed rates on bituminous coal ignition in a full-scale tiny-oil ignition burner”. PR China: School of Energy Science and Engineering, Harbin Institute of Technology.

Dabade, Tanaji et al 2012. CFD Simulation of Confined Non-Premixed Flames. ASME 2012 Summer Heat Transfer Conference : Department of Mechanical Engineering , Lamar university, USA.

Putra, Aditya P. 2015. “Studi Numerik Karakteristik Pembakaran Batubara, Dengan Variasi Laju Aliran Massa Swirl Air dan Panjang dimensi Extension Pipe Pada Rancangan Start up Burner”. Teknik Mesin FTI-ITS. Surabaya.

Arriningtyas, Nia. 2014. “Studi Numerik Pengaruh Konfigurasi Pengumpanan Dua Jenis Batubara Dengan Metode Infurnace Blending Terhadap Proses Pembakaran Pada Boiler Tangensial”. Teknik Mesin FTI-ITS.Surabaya.

Febyanasari, Rina. 2014. “Studi Numerik Karakteristik Aliran dan Pembakaran Pada Tangentially Fired Pulverized Boiler Dengan Menggunakan Oxy-Fuel Pada Kasus Coal Blending Antara Medium Rank Coal ( MRC ) dan Low Rank Coal ( LRC )”. Teknik Mesin FTI-ITS. Surabaya.

Ikeda M, Makino H, Morinaga H, Higashiyama K, Kozai Y. 2003. “Development of reduction technology of both emissions of NOx and unburned carbon by infurnace blended method”. Report No. M07007. Tokyo: Central Research Institute of Electric Power Industry.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Avicenna Muhammad Izzanour, Prima Dewi Permatasari, & Rif’ah Amalia. (2021). ANALISIS PENGARUH LAJU ALIRAN UDARA TERHADAP PEMBAKARAN PADA OPERASI STARTUP BURNER. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(1), 354-361. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/987