PERENCANAAN KONVERSI SEPEDA MOTOR BAKAR MENJADI SEPEDA MOTOR LISTRIK

Authors

  • Salman Alfarisi P Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Jondra Politeknik Negeri Bali
  • I Nyoman Sugiarta Politeknik Negeri Bali

Keywords:

Green, ekonomis, kendaraan, listrik, konversi

Abstract

Dalam era globalisasi ini kebutuhan akan sumber daya listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia di seluruh dunia.  Saat ini pemanfaatan energi listrik untuk sarana transportasi sudah mulai digandrungi masyarakat, karena tidak menimbulkan polusi suara, biaya operasional yang murah, dan kendaraan yang ringan.  Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif untuk menghitung dan merencanakan konversi sepeda motor bakar menjadi sepeda motor listik. Penelitian ini menemukan bahwa untuk megkonversi Sepeda motor Yamaha LS3 100 CC ini 4 komponen utama yaitu, BLDC Motor Listrik maksimum 2000 Watt, Baterai 60 Volt 30 Ah, Controller 4800 watt, dan Handle Gas/Throttle. Hasil konversi ini telah menghasilkan sebuah sepeda motor listrik yang green dan ekonomis dengan kinerja baik yaitu untuk mencapai kecepatan 71 km/jam ditempuh dalam waktu 25 detik.  Peneliti sangat merekomendasikan untuk mengkonversi sepeda motor bakar menjadi sepeda motor listrik.

References

Alwan S. H., J. Jasni, M. Z. A. Ab Kadir, N. Aziz. (2016). Factors Affecting Current Ratings for Underground and Air Cables. World Academy of Science, Engineering and Technology. International Journal of Energy and Power Engineering. Vol:10, No:11.

Chen, X., Shen, W., Vo, T. T., Cao, Z., & Kapoor, A. (2012). An overview of lithium-ion batteries for electric vehicles. 10th International Power and Energy Conference, IPEC 2012, 230–235. https://doi.org/10.1109/ASSCC.2012.6523269

Hirsh, R. F., & Koomey, J. G. (2016). Electricity Consumption and Economic Growth: A New Relationship with Significant Consequences? In Electricity Journal (Vol. 28, Issue 9, pp. 72–84). https://doi.org/10.1016/j.tej.2015.10.002

Manalu, J. B. (2012). Rancang Bangun Sepeda Motor Listrik. Jurnail Sains Dan Teknologi Universitas Sebelas Maret, 46.

Ranjbar, Amir Hossein, Anahita Banei, Amir Khoobroo, B. F. (2017). Online Estimation of State of Charge in Li-Ion Batteries Using Impulse Response Concept | IEEE Journals & Magazine | IEEE Xplore. https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/6108373

Srinivas Mutyala, M. T. (2019). (n.d.). Design And Development Of Electric Motorbike. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET).

Yantoro, W. D. (2019). Analisis Efisiensi Penggunaan Baterai Lithium Polymer 48 V 25 Ah Pada Sepeda Motor Listrik Yang Di Rancang Bangun Dengan Daya 3 Kw. Skripsi. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/15962

Zainol, Z., Toha, S. F., Kamisan, N. A., & Bukhari, W. M. S. W. (2019). Design and development of a retrofit electric motorbike. International Journal of Recent Technology and Engineering, 7(6), 71–75.

Peraturan Perundang-undangan:

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor: PM 65 Tahun 2020 Tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Salman Alfarisi P, I Wayan Jondra, & I Nyoman Sugiarta. (2021). PERENCANAAN KONVERSI SEPEDA MOTOR BAKAR MENJADI SEPEDA MOTOR LISTRIK. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(1), 448-456. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/998